Home » , , » Literasi Teknologi Digital UMKM

Literasi Teknologi Digital UMKM

Posted by PETUALANG BISNIS on Saturday, November 3, 2018

Saat ini teknologi digital berkembang sangat pesat dan cepat namun menurut penelitian hanya sedikit UMKM di Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital. Saat ini ada sekitar 62,92 juta UMKM dengan kontribusi PDB terhadap negara adalah 60% dari total PDB, serta mampu menyerap tenaga kerja 116,73 juta orang dari total angkatan kerja yang ada di Indonesia.

Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan literasi teknologi di UMKM. Data dari Delloitte Access Economics menunjukkan bahwa sepertiga UMKM atau 36% masih offline, sepertiga lagi atau 37% hanya mengetahui kemampuan internet dasar dan hanya 18% yang memiliki kemampuan online menggunakan web atau medsos dan hanya 9% yang memiliki kemampuan teknis online di e-commerce dan malah menurut  data dari McKinsey Global Institute hanya 5% UMKM yang sudah mampu berjualan dan bertransaksi secara online di e-commerce.

Menurut para pakar ekonomi, pada tahun 2030 Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi nomor lima di dunia jika mampu memanfaatkan teknologi digital untuk aktivitas ekonomi secara maksimal.  

Melihat data ini maka masih sangat perlu dilaksanakan program-program edukasi dan pelatihan teknologi digital kepada UMKM yang  tentunya melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, swasta dan masyarakat dan juga perlu dikembangkan platform-platform teknologi baru yang mempu menjadi media akselerator  atau pendorong pertumbuhan dan perkembangan digitalisasi UMKM.

Cyronium sebagai salah satu platform untuk teknologi digital dan scale up UMKM diharapkan mampu menjadi akselerator pemacu pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Scale up UMKM yang dilakukan Cyronium untuk menaikkan level UMKM adalah melalui sisi optimalisasi struktur dan kualitas manajemen, perbaikan sistem keuangan dan pencatatan, edukasi sistem penjualan online dan juga akses pendanaan untuk ekspansi bisnis UMKM.

Cyronium juga memiliki utilitas ekosistem coin digital untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan UMKM, seperti beberapa manfaat coin Cyronium untuk Royality Reward Coin, Voucher Diskon Coin, Coin Donasi dan beberapa potensi manfaat digital coin Cyronium lainnya di masa depan untuk kemajuan dan perkembangan UMKM di Indonesia.

Thanks for reading & sharing PETUALANG BISNIS

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts